AGIO VS DISAGIO

Definisi Agio Saham Adalah 

.

.

Agio Saham adalah kekayaan bersih perusahaan yang diperoleh dari penilaian atau penjualan saham di atas nilai nominalnya. Nilai agio saham diambil dari selisih harga jual dan harga beli suatu saham. Singkatnya, agio saham adalah selisih lebih setoran pemegang saham di atas nilai nominalnya.
Misalnya diketahui harga jual suatu saham adalah Rp5.000 per lembar sedangkan nilai nominalnya Rp1.000 per lembar. Berdasarkan informasi yang telah disampaikan, diketahui agio saham yang dicatat adalah Rp4.000 per lembar saham.

Definisi Agio

Agio sendiri merupakan istilah dalam dunia keuangan yang memiliki 3 macam definisi, yaitu:
  1. Selisih lebih yang diperoleh dan pertukaran uang logam emas atau perak dengan uang kertas dalam valuta dan nilai nominal yang sama. Istilah ini lazim dipakai di perbankan Eropa.
  2. Selisih lebih antara nilai yang sebenarnya dengan nilai nominal atau nilai tukar, baik untuk instrument efek maupun mata uang asing. Agio juga dipakai sebagai istilah penyusutan nilai mata uang logam karena aus.
  3. Selisih lebih setoran modal yang diterima oleh bank pada saat penerbitan saham karena harga pasar saham lebih tinggi daripada nilai nominal.

langkah-langkah-memulai-investasi-saham


Ilustrasi Agio Saham

Meskipun kata agio saham kerap dibicarakan berkaitan dengan emiten yang belum lama listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Istilah ini bukanlah istilah yang populer diketahui oleh investor karena tidak berkaitan langsung dengan kepentingan investor. Nilai agio saham sendiri sangat terkait dengan kesepakatan pendiri saat perusahaan resmi didirikan.





SEDANGKAN :

DISAGIO SAHAM ADALAH ...

Disagio saham adalah selisih kurang setoran pemegang saham di bawah nilai nominalnya dalam hal saham dikeluarkan dengan nilai nominal. Terjadinya selisih kurang tersebut disebabkan karena perusahaan sedang dalam kondisi merugi, karena itu saham dijual dibawah nilai nominalnya. Dengan kata lain disagio saham disebut juga sebagai agio yang negatif.

Komentar

Postingan Populer